Total Tayangan Laman

Senin, 10 Oktober 2011

penatalaksanaan migren



Kasus :Seorang pasien wanita ( ny. X ) umur 30 tahun dating ke dokter praktek dengankeluhan nyeri kepala berdenyut unilateral yang sudah dirasakan sejak kemari. Nyerikepala disertai dengan mual, muntah dan sensitive terhadap cahaya. Ny. X seringmengalami migren setelah dia menggunakan kontrasepsi hormonal. Oleh dokter Ny.X didiagnosis migren dan mendapat resep yang berisi : bodrex migra 3x1,Bellapheen 3x1 dan triptagig 1x1.Diskusikan :1.

Definisi migren ?Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah.Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakitkepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadangberpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepalasekaligus.2.

Bagaimana patofisiologi migren dikaitkan dengan serotonin ?Pembuluh darah otak dipersarafi oleh serat-serat saraf yang mengandung.substansi P (SP), neurokinin-A (NKA) dan calcitonin-gene related peptid(CGRP)

Semua ini berasal dari ganglion nervus trigeminus sesisi SP, NKA. dan CGRPmenimbulkan pelebaran pembuluh darah arteri otak. Selain ltu, rangsanganoleh serotonin (5hydroxytryptamine) pada ujung-ujung saraf perivaskularmenyebabkan rasa nyeri dan pelebaran pembuluh darah sesisi.Seperti diketahui, waktu serangan migren kadar serotonin dalam plasmameningkat. Dulu kita mengira bahwa serotoninlah yang menyebabkanpenyempitan pembuluh darah pada fase aura. Pemikiran sekarang mengatakanbahwa serotonin bekerja melalui sistem trigemino-vaskular yangmenyebabkan rasa nyeri kepala dan pelebaran pembuluh darah.3.

C. Apa gejala migren?
Gejala AwalSatu atau dua hari sebelum timbul migrain, penderita biasanya mengalamigejala awal seperti lemah, menguap berlebih, sangat menginginkan suatu jensimakanan (mislanya coklat), gampang tersinggung, dan gelisah.
Aura hanya didapati pada migrain klasik. Biasanya terjadi dalam 30 menit sebelum timbulnya migrain. Aura dapat berbentuk gangguan penglihatanseperti melihat garis yang bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atautidak dapat melihat benda dengan jelas. Gejala aura yang lain yaitu rasa geliatau rasa kesemutan di tangan. Sebagian penderita tidak dapat mengucapkankata-kata dengan baik, merasa kebas di tangan, pundak, atau wajah, ataumerasa lemah pada satu sisi tubuhnya, atau merasa bingung. Penderita dapatmengalami hanya satu gejala saja atau beberapa macam gejala, tetapi gejalaini tidak timbul bersamaan melainkan bergantian. Suatu gejala aura biasanyamenghilang saat nyeri kepala atau gejala aura yang lain timbul. Namunkadang-kadang gejala aura tetap bertahan pada permulaan sakit kepala.Sakit kepala dan gejala penyertaPenderita merasakan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala, sering terasadibelakang mata. Nyeri dapat berpindah pada sisi sebelahnya pada seranganberikutnya, atau mengenai kedua belah sisi. Rasa nyeri berkisar antarasedang sampai berat. Gejala lain yang sering menyertai nyeri kepala antaralain :
a.       Kepekaan berlebihan terhadap sinar, suara, dan bau
b.      Mual dan muntah
c.       Gejala semakin berat jika beraktifitas fisik

Tanpa pengobatan, sakit kepala biasanya sembuh sendiri dalam 4 sampai 72jam.

Gejala Akhir:
Setelah nyeri kepala sembuh, penderita mungkin merasa nyeri pada ototnya,lemas, atau bahkan merasakan kegembiraan yang singkat. Gejala-gejala inimenghilang dalam 24 jam setelah hilangnya sakit kepala.4.

D. Adakah hubungan migren dengan penggunaan kontrasepsi hormonal ?
Ada, kontrasepsi hormonal biasanya berisi hormon estrogen danprogesterone. Perubahan hormone yang tidak teratur tersebut padabeberapa wanita akan menyebabkan migrain. Salah satu efek samping yangmungkin timbul pada pemakaian kontrasepsi hormonal adalah sakit kepala hebat ( migraine ). Hormon estrogen tersebut yang dapat menyebabkan ataumenimbulkan migraine.Konsumsi pil KB akan memacu turunnya estrogen secara mendadak pada saatmulainya siklus menstruasi. Hal inilah yang menerangkan mengapa pemakain pilKB akan memperparah serangan migraine. Sebagian besar penderita migraineakan mengalami perbaikan gejala pada saat menopause.5.

E. Standar Terapi Migren Dibandingkankan Vertigo, Tention Headed dan Nyeri Klaster
1.      Standar terapi migren
a.Beta bloker, misalnya propanolol
b. Penghambat Kanal Kalsium, yang mengurangi jumlah penyempitan pembuluh (konstriksi) darah
c.Antidepresan, misalnya amitriptilin, antidepresan trisiklik, yang terbukti efektif untuk mencegah timbulnya migrain.
d. Antikonvulsan
2.      Standar terapi vertigo
Obat untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. 

Skopolamin">
Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit.

3.      Standar terapi cluster
Pengobatan yang dilakukan pada pasien dengan nyeri kepala tegang otot adalah memperbaiki psikis pasien terlebih dahulu karena sebagian pasien yang mengalami penyakit ini mempunyai faktor psikis yang memicu timbulnya nyeri kepala ini. Secara farmakologi, obat yang dapat meringankan nyeri kepala ini dilakukan dengan pemberian analgetik dan dapat ditambhakan obat antidepresan. Prognosis penyakit ini baik, dan dengan penatalaksanaan yang baik lebih dari 90% pasien dapat disembuhkan.

F. Apa fungsi dari obat migren yang diberikan dokter ? dan bagaimanamekanisme kerja dari obat tersebut!a.

a.       Bodrex migra (parasetamol, propifenazon, kofein )
Fungsinya untuk obat simptomatik, dilihat dari komposisinya memiliki efekanalgesic. Kombinasi PCT & kafein menunjukkan bukti manfaat yang palingkonsisten. Menghambat COX- 2, mencegah inflamasi yang diperantai olehsyaraf disistem trigemino vaskuler dengan cara menghambat sintesaprostaglandin.b.

b.      Bellapheen (Belladona, ergotamine, fenobarbital)
Belladonna adalah campuran alami yang menghasilkan banyak efek dalamtubuh Ini mengurangi kejang dalam perut dan usus, kandung kemih, danbilier (hati) system.Belladonna juga mengurangi sekresi banyak organ,yang membantu mengontrol kondisi seperti asam lambung berlebih.
Ergotamin mempersempit pembuluh darah yang terlibat dalam sirkulasi kekepala. Ergotamin juga dapat mengubah pola aliran darah yang terlibatdalam sakit kepala vaskular, seperti migrain. Mekanisme kerja :menstimulasi maupun memblokir reseptor alfa-adrenergik danserotoninerg
Fenobarbital adalah obat tidur yang mengurangi aktivitas otak dan system syaraf. Kombinasi belladonna, Ergotamin, dan fenobarbital digunakan untukmengobati gejala-gejala menopause termasuk hot flashes, berkeringat,detak jantung meningkat, pusing, gelisah, sakit kepala, kecemasan, dankesulitan tidur.c.

c.       Tritagig (sumtriptan suksinat)
Golongan triptan termasuk sumatriptan adalah agonis reseptor serotoninmerupakan terapi dini pertama untuk pasien dengan migren sedang sampaiberat atau sebagai terapi darurat jika obat lain yang tidak spesifik. Obatini adalah agonis selektif di reseptor 5HT1b dan 5HT1d. penyembuhansakit kepala migren hasil dari :
1.Vasokontriksi dari pembuluh darah intrakanial melalui stimulasipada reseptor 5HT1b vaskuler.
2.Hambatan penghantaran sinyal nyeri di dalam batang otak melaluistimulasi reseptor 5HT1d.6.

G. Obat ² obat apa yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya migren?
Migraine dapat dicegah dengan obat, Obat untuk mencegah migraine mungkinsangat membantu jika sakit kepala migraine yang terjadi lebih dari 2 kalidalam satu bulan atau jika sakit kepala migraine mengganggu aktifitas ataupekerjaan anda. Beberapa contoh obat yang digunakan untuk mencegahmigraine antara lain propranolol (inderal), timolol (blocadren), divalproex(depakote) dan beberapa antidepressant / obat anti depresi).Hal lain yang dapat anda lakukan untuk mencegah migraine :

Cobalah untuk menghindari makanan-makanan atau hal-hal yang sepertinyamenjadi penyebab migraine bagi anda. Cukup istirahat dan minum cukupbanyak cairan. Cobalah untuk tenang dan kurangi stress atau tekanan dalamhidup anda

1 komentar: